Terapi Akupuntur untuk Pengobatan Nyeri

Senin, 29 Mei 2023
Flex Free
Senin, 29 Mei 2023
Flex Free

Akupuntur adalah praktik kedokteran tradisional Cina yang kemudian populer di dunia. Terapi akupuntur menggunakan jarum-jarum tipis yang ditusukkan ke kulit untuk menstimulasi saraf, otot, dan jaringan ikat di seluruh tubuh dengan tujuan meredakan nyeri, ketegangan, dan stress.

Akupuntur telah terbukti efektif untuk nyeri punggung, leher, bahu dan sendi kronis, serta osteoarthritis dan sakit kepala atau migraine.

Bagaimana Cara Kerja Akupuntur?

Menurut teori akupuntur Cina, ada lebih dari 300 titik akupuntur di tubuh yang terhubung ke 12 jalur utama dan 8 jalur sekunder yang disebut dengan meridian.

meridian tubuh untuk akupuntur

Jalur ini diperkirakan mengatur Qi, sebuah bentuk energi, ke seluruh tubuh. Seseorang yang sehat memiliki aliran energi yang seimbang. Ketika Qi terganggu, dapat terjadi nyeri.

Secara konsep, akupuntur diyakini dapat menstimulasi meridian tubuh untuk mengoreksi ketidakseimbangan dan untuk mengembalikan kesehatan.

Ada berbagai cara untuk melakukan akupuntur. Jenis jarum, teknik yang digunakan dan titik penusukan jarum dapat bervariasi. Praktisi juga mungkin akan menggunakan tekanan, panas, aliran listrik, untuk menstimulasi titik-titik di tubuh.

Acupressure, serupa tekniknya dengan akupuntur, tidak menggunakan jarum, tetapi menggunakan tekanan. Praktisi akan menggunakan tangannya untuk memberikan tekanan yang dalam pada titik acupressure.

Terapi akupuntur tradisional Cina menggunakan jarum yang sangat tipis yang ditusukkan ke titik-titik akupuntur spesifik. Tindakan ini dapat meredakan nyeri karena pelepasan endorphin, hormon alami tubuh yang dapat meredakan nyeri, dan dengan mempengaruhi bagian otak yang mengatur serotonin, hormon yang terlibat dengan pengaturan mood.

Akupuntur juga menunjukkan dapat meningkatkan pelepasan kortikosteroid, meredakan nyeri dan meningkatkan proses penyembuhan.

Pada setiap sesi terapi, dapat digunakan empat hingga 10 jarum, bergantung pada bagian tubuh atau masing-masing kondisi pasien. Jarum kemudian dibiarkan ditubuh selama 10–30 menit.

Dalam terapi akupuntur Cina, praktisi mungkin akan memutar jarum sedikit, atau menambahkan panas atau stimulasi listrik untuk meningkatkan efek terapi.

Dalam akupuntur Jepang, jarum ditusukkan lebih dangkal dibandingkan dengan akupuntur Cina, dan biasanya jarum tidak dimanipulasi. Sedangkan pada akupuntur Korea, terapi difokuskan hanya pada titik-titik di tangan dan kaki.

Berapa Lama Terapi Akupuntur Dilakukan?

Biasanya akupuntur dilakukan setidaknya tiga hingga enam minggu, seminggu sekali atau dua kali, untuk menentukan efikasinya pada masing-masing kasus. Setelah itu, terapi dapat dilakukan lebih jarang.

Satu rangkaian terapi akupuntur biasanya berlangsung dalam periode tiga bulan.

Seberapa Efektif Terapi Akupuntur untuk Pengobatan Nyeri?

Efek dari terapi akupuntur untuk mengobati nyeri bervariasi pada setiap orang. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat meredakan nyeri, dan penelitian lainnya menunjukkan bahwa terapi akupuntur tidak lebih baik dibandingkan dengan akupuntur “sham” (sebuah prosedur yang didesain menyerupai akupuntur, tetapi tidak memiliki efek yang sebenarnya, lebih seperti placebo).  

sham akupuntur

Manfaat terapi juga bergantung pada kondisi yang diobati, dan respons masing-masing pasien terhadap terapi yang diberikan.

Terkadang manfaat akupuntur langsung dirasakan oleh pasien, sebagian lainnya memerlukan waktu beberapa hari atau beberapa kali terapi untuk mendapatkan efek yang diharapkan. Terapi akupuntur mungkin tidak berhasil bagi sebagian orang lainnya.

Apa Efek Samping Akupuntur?

Secara umum, akupuntur aman untuk dilakukan. Meskipun ada beberapa risiko terkait dengan akupuntur, efek samping yang serius jarang terjadi.

Komplikasi berkaitan dengan akupuntur yang pernah dilaporkan dalam jurnal medis yang paling serius adalah kesalahan penusukan jarum ke dalam rongga pleura, antara paru-paru dan dinding dada.

 

 

 

Referensi:

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26896946/
  • https://www.health.harvard.edu/healthbeat/relieving-pain-with-acupuncture
  • https://www.treatingpain.com/treatments/acupuncture/

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561