Logo Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic

TENTANG FLEXFREE

tentang flexfreeclinic.com

SIAPAKAH KAMI DAN APA YANG KAMI LAKUKAN UNTUK MEMBANTU ANDA

Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Ketahui Jika Berobat ke Flex-free Clinic

Apa itu Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi?

Kami, dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi (disingkat SpKFR), sebelumnya di Indonesia dikenal sebagai dokter Spesialis Rehabilitasi Medik (SpRM).

Kedokteran Fisik artinya ilmu kedokteran yang menggunakan alat-alat dengan metode fisika dalam menangani kasus dan mengobati penyakit, seperti suhu (panas dan dingin), gelombang suara (ultrasound), listrik (stimulasi otot dengan listrik), sinar (laser), tenaga mekanik (traksi), dan lain-lain, selain juga memberikan obat dan injeksi.

Rehabilitasi medik artinya mengembalikan seseorang ke fungsinya sehari-hari sebelum mengalami sakit atau kecacatan. Fungsi sehari-hari misalnya berjalan, mandi, berpakaian, secara mandiri, atau fungsi dalam pekerjaan sehari-harinya.

Saya masih belum mengerti apa pekerjaan dokter ini. Saya juga belum pernah bertemu dokter seperti anda…

Ya. Jumlah Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi belum banyak, bukan hanya di Indonesia bahkan di dunia. Yang lebih membingungkan lagi, nama ‘kedokteran fisik & rehabilitasi’ tidak menggambarkan pekerjaan kami yang sebenarnya.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi tidak hanya menggunakan modalitas fisika (alat terapi yang menggunakan metode fidika), namun sama seperti dokter-dokter lainnya, kami juga meresepkan obat dan menyuntik. Beberapa dari kami melakukan praktek intervensi nyeri dan melakukan penyuntikan tulang belakang dengan bantuan USG atau C-arm (alat roentgen khusus).

Lebih dari itu, kami adalah dokter yang unik. Kami sangat mengerti dan mendalami ilmu KINESIOLOGI, ilmu tentang otot-tulang-sendi dan pengaruh gerakan dan aktivitas sehari-hari terhadap penyakit yang anda derita. Kami tahu berbagai  solusi untuk penyakit anda, tidak hanya meresepkan obat dan menyuntik, karena banyak problem otot-tulang-sendi yang tidak akan baik hanya dengan minum obat saja.

Apa itu Muskuloskeletal?

Muskuloskeletal artinya otot (=muscle) dan tulang (=skeleton), bisa diartikan otot, tulang dan lain-lain yang terlibat dalam gerakan tubuh seperti sendi, tendo, ligament dll. Kami di Klinik Flex-free mengkhususkan diri pada rehabilitasi muskuloskeletal yaitu menangani nyeri dan masalah otot-tulang-sendi, termasuk cedera olahraga.

Apakah Klinik Flex-Free Klinik Fisioterapi?

Klinik Flex-free merupakan klinik fisioterapi yang ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi yang bekerja bersama fisioterapis dalam menangani pasien kami. Yang kami berikan bukan hanya tindakan fisioterapi tetapi tindakan komplit rehabilitasi muskuloskeletal. Setiap pasien yang datang akan diperiksa Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi, dan ditentukan tindakan medis apa yang tepat untuk anda. Apakah berupa pemberian obat, injeksi, pemeriksaan khusus, fisioterapi, latihan, dan sebagainya, kami akan mencarikan solusi yang paling tepat untuk anda karena tidak semua orang dan semua penyakit sama.

Apakah Obat Nyeri Saja Dapat Menyembuhkan Penyakit Otot-Tulang-Sendi yang Saya Alami?

Jawaban nya bisa ya bisa tidak. Jika nyeri otot-tulang-sendi yang anda alami baru beberapa hari, kadang pemberian obat anti radang/anti nyeri disertai istirahat dapat menghilangkan nyeri anda. Tetapi pada yang sudah lama dan berulang, obat anti nyeri saja tidak menyelesaikan masalah dan dapat menimbulkan efek samping. Selain minum obat nyeri, dibutuhkan banyak tindakan lain.

Apa yang Ditulis Sebagai ‘Edukasi’ di Brosur? Apa yang Diajarkan Pada Saya?

Pasien-pasien dengan nyeri dan masalah otot-tulang-sendi akan diajarkan cara melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari untuk mengurangi nyeri dan mencegah kekambuhan. Misalnya pada pasien nyeri punggung bawah, bagaimana cara mengangkat benda berat dari lantai yang aman bagi penonjolan bantalan tulang yang dialaminya.. Pada pasien nyeri leher atau pundak, diajarkan cara memposisikan komputer atau laptop yang benar sehingga tidak menyebabkan kelelahan pada otot-otot di leher dan pundak.

Kenapa Kok Saya Sakit Malah Diberi Latihan? Latihan Apa Itu?

Nyeri dan masalah otot-tulang-sendi anda sering disebabkan keterbatasan gerak sendi, kelemahan dan kekakuan otot, serta kontrol gerakan yang salah. Hal ini tidak bisa baik hanya dengan minum obat dan duduk/tiduran/diam saja. Dapat berupa latihan gerak sendi, penguatan otot, kelenturan otot dan propriosepsi (sensor dan kontrol gerak) disesuai penyakit dan kemampuan anda. Latihan yang diberikan diawali dari paling ringan dan sederhana dan dinaikkan secara perlahan. Dari yang dapat dilakukan sendiri sehari-hari di rumah, sampai yang harus dilakukan di fasilitas khusus.

Apa Fungsi Terapi Fisik Seperti Dipanaskan Dan Disetrum?

Beberapa terapi fisik tersedia di Klinik Flex-free. Terapi termal (suhu panas dan dingin) berfungsi melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah, merelaksasi otot yang kaku, melenturkan sendi, dan mengurangi rasa nyeri. Terapi listrik berfungsi memblokade saraaf nyeri, menguatkan otot dan melatih otot yang lemah. Terapi sinar Laser berfungsi merangsang penyembuhan jaringan.

Apakah Saya Harus Disuntik Dan Apakah Suntikan Itu Aman?

Tidak semua pasien sama, sebagian perlu disuntik, sebagian lagi tidak. Suntikan pun bermacam-macam. Ada suntikan anti radang yang berfungsi menghilangkan bengkak dan nyeri, suntikan bahan baku sendi seperti “suntikan oli’ yang diberikan ke lutut, atau suntikan proloterapi, yaitu suntikan zat-zat tertentu yang merangsang perbaikan sendi atau urat yang rusak. Suntikan anti radang akan menimbulkan efek samping jika diberikan tidak tepat atau terlalu sering, sedangkan suntikan bahan baku sendi dan suntikan proloterapi sangatlah aman. Beberapa jenis suntikan akan kami berikan dengan bantuan USG muskuloskeletal untuk menjamin ketepatan lokasi injeksi.

Apa Itu Traksi?

Traksi adalah alat untuk meregangkan tulang belakang serta jaringan sekitarnya (bantalan tulang, sendi facet, dan otot). Salah satu penyebab nyeri punggung bawah adalah tekanan pada saraf akibat penonjolan bantalan sendi. Gejala dapat berupa nyeri punggung disertai rasa nyeri, baal dan kesemutan di sepanjang paha, tungkai dan kaki. Di klinik Flex-free terdapat traksi DTS Triton. Kelebihan traksi DTS Triton dibandingkan traksi biasa adalah kurva tarikan yang dapat diatur sesuai kebutuhan pasien dan dikontrol dengan komputer, sehingga tidak justru menyebabkan tarikan mendadak pada otot seperti pada traksi biasa.

 

Bagikan ke teman
back top