IND | EN

Konsultasi Gratis

Ibu pipit ( 36 tahun )
smg
Jumat, 9 Maret 2018

Beberapa tahun lalu tulang ekor saya terbentur ujung tembok, tapi tidak ke dokter karena sakitnya hilang sendiri, kemudian memang lama-lama saat duduk lama di mobil tulang ekor jadi nyeri sakit ga nyaman. Saat ini saya hamil, saya kawatir saat melahirkan nanti, karena setahu saya melahirkan akan menggerakkan tulang ekor.  Bagaimana preventif dan solusinya, mengingat saat ini saya hamil. Terima kasih banyak atas respon dan advicenya.

Jawaban :

Dear Ibu Pipit,

Tulang ekor cukup kuat dan posisinya diciptakan sedemikian rupa sehingga aman terhadap trauma. Tulang ekor dapat patah bila terjadi benturan yang sangat hebat, misalnya saat jatuh terduduk dengan keras dari ketinggian minimal 1 meter. Atau jatuh terduduk kurang dari ketinggian 1 meter tetapi sudah ada osteoporosis karena faktor usia dan menopause. Bila hanya terbentur dan tidak mengalami taruma dengan menahan berat badan maka kemungkinan tulang ekor patah sangat kecil.

Rasa nyeri mungkin disebabkan oleh kelemahan ligamen di sekitar tulang ekor (Ibu bisa membaca lebih lanjut mengenai tulang ekor dalam artikel "Nyeri Tulang Ekor"). Ligamen adalah jaringan penghubung antara tulang dan sendi. Ligamen sangat elastis, akan tetapi bila ada trauma, ligamen dapat menjadi teregang, menjadi lemah dan tidak elastis. 

Mengenai kekhawatiran Ibu saat melahirkan nanti, sebaiknya Ibu memberitahukan dokter kandungan Ibu mengenai keluhan yang Ibu alami. Bila diperkirakan akan sulit melahirkan secara normal, dapat dipertimbangkan melahirkan dengan operasi sectio caesaria. Bila setelah melahirkan keluhan nyeri masih Ibu rasakan, Ibu dapat datang ke klinik kami untuk mendapatkan terapi.

Semoga Ibu dan bayi selalu sehat, dan lancar persalinannya nanti.

dr. Arif Soemarjono, M.D, SpKFR, FACSM

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com