IND | EN

Konsultasi Gratis

Bapak Farrel ( 40 tahun )
Kupang
Kamis, 27 September 2018

Selamat siang dok...mhon penjelasannya. Saya mengalami rasa panas dan perih pada kedua telapak kaki seperti pada gambar (area metatarsalgia). Rasa panas semakin terasa bila memakai sepatu. Hal ini sudah lama terasa, namun beberapa bulan ini terasa semakin sakit. Selain itu, punggung bagian atas sering terasa nyeri.

Pertanyaan:

1. Sakit apa yg saya alami? Pernah melakukan rontgen tapi menurut dokter tidak ada masalah dengan struktur tulang kaki

2. Apa yg harus saya lakukan mengingat saya PNS dan setiap harinya harus menggunakan sepatu?

3. Apakah panas pada telapak kaki ada hubungannya juga dgn nyeri pada punggung?

Mohon penjelasannya dok... terima kasih. Tuhan memberkati

Jawaban :

Halo Bapak Farrel,

Untuk menentukan diagnosis sebuah penyakit diperlukan pemeriksaan secara langsung, karena harus dilakukan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan tambahan lainnya.

Nyeri pada telapak kaki bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya penggunaan yang berlebihan (pada pelari, atlet yang melakukan olahraga high-impact), bentuk lengkung kaki yang tinggi (sehingga daerah metatarsal lebih tertekan dan timbul nyeri), penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki, berat badan berlebihan (sehingga tekanan pada kaki lebih banyak), dan penyebab-penyebab lainnya.

Pilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki Anda, dan gunakan pad (busa atau jel) khusus untuk daerah metatarsal untuk membantu mengurangi tekanan pada daerah metatarsal (Anda dapat membelinya di toko sepatu). Anda juga dapat mengompres daerah yang nyeri dengan es selama 20 menit, beberapa kali sehari. Tinggikan kaki ketika beristirahat setelah duduk atau berdiri lama, dan hindari aktivitas yang membebani kaki terlalu berat atau terlalu lama.

Nyeri punggung juga bisa disebabkan oleh berbagai hal (Anda dapat membaca lebih lanjut dalam artikel Kenali berbagai jenis nyeri punggung).

Semoga membantu,

Salam sehat

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com