Logo Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic

TANYA JAWAB PERTANYAAN

Pertanyaan dari :

Sdr/i. Ibu retno ( 33 tahun ) - PALU, SULAWESI TENGAH

Sabtu, 7 Januari 2017

TGL 12 DESEMBER, ADIK SAYA KECELAKAAN MENGAKIBATKAN RETAK TULANG BELAKANG DAN PINGGUL, KELUHAN TIDAK BISA BAB DAN BAK. TELAH MENJALANI OPERAIS TULANG BELAKANG TGL 20/21 DES. SETELAH OPRASI SUDAH BISA BAB, BAK TIDAK BISA, MASIH PAKAI KETETER SAMPAI HARI INI, PERNAH DICOBA LEPAS KETETERNYA, TAPI TIDAK BISA KELUAR BAK, JADI DI PASANG LAGI.

SEKARANG SUDAH KELUAR RUMAH SAKIT, TAPI BLM BISA DUDUK. MASIH BERBARING SAJA. BERGERAK SEBATAS MIRING, ITUPUN TIDAK BISA LAMA DAN SENDIRI, HARUS DI BANTU.

TERAPI APA YANG BISA KAMI LAKUKAN DI RUMAH UNTUK MEMBANTU PEMULIHAN ADIK SAYA. 

Jawaban :

Dear Ibu Retno,

Kami turut prihatin dengan kondisi yg dialami oleh Adik tercinta, semoga kondisinya akan semakin membaik dengan penanganan yg tepat.

Terus terang, sulit bagi kami untuk merekomendasikan terapi apa yg dapat dilakukan di rumah untuk membantu proses pemulihan, karena dibutuhkan penjelasan tentang beberapa aktifitas yang mungkin diperlukan untuk melatih beberapa otot dan saraf yg terkait.

Namun umumnya, pasca operasi, Dokter Bedah akan merekomendasikan Ibu untuk bertemu dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik untuk mendapatkan terapi fisik yg tepat dan arahan latihan fisik yg dapat membantu proses pemulihan, dan biasanya mereka akan mengirimkan seorang fisioterapis secara teratur ke rumah, yang akan melatih dan membantu latihan fisik yg dibutuhkan. Apabila tindakan tsb belum dilakukan, ada baiknya Ibu datang dan berkonslutasi langsung dengan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik di kota Ibu untuk mendapatkan rekomendasi terapi yg tepat.

Demikian saran dari kami, semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih dan salam sehat,

Tim Flex Free

Bagikan ke teman
back top