Logo Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic

TANYA JAWAB PERTANYAAN

Pertanyaan dari :

Sdr/i. Bapak Putra ( 27 tahun ) - Jakarta

Jumat, 6 Januari 2017

Selamat sore Dokter,

Saya sudah latihan otot selama kurang lebih 6 bulan, tetapi otot saya tidak kunjung terbentuk (membesar). Apakah ada yang salah dari metode latihan dan asupan makanan serta pola hidup saya selama ini?

Atau apakah saya harus menggunakan supplement atau steroid seperti atlet-atlet lainya?, terus terang saya tidak ingin menggunakan obat-obatan karena saya pikir yang alami akan lebih baik. Mohon penjelasanya.

Terima Kasih.

Jawaban :

Dear Mas Putra,

Sayang Anda tidak menyebutkan dengan jelas, jenis latihan apa yg sudah Anda lakukan selama 6 bulan ini, dan otot" mana yang ingin Anda perbesar dan apakah latihan tsb dibawah pengawasan seorang instruktur (Personal Trainer)? Biasanya seorang PT akan memberikan pengarahan latihan jenis apa yg harus dilakukan untuk memperbesar otot" ttt. Setiap gerakan akan memiliki dampak pada otot" ttt. Dan untuk instensitas, apakah cukup teratur?

Penggunaan suplemen yang direkomendasikan umumnya hanya berupa vitamin, untuk membantu mengembalikan kondisi otot dan saraf setelah dipacu aktifitas, namun untuk steroid, sebaiknya dihindari, karena tanpa penggunaan yg tepat, justru akan menimbulkan banyak dampak buruk di kemudian hari.

Dan benar, asupan makanan dan pola hidup akan sangat mempengaruhi hasilnya. Saran kami, sebaiknya Anda mencari seorang PT yang berpengalaman untuk mendapatkan arahan latihan fisik yang tepat sesuai harapan Anda, sehingga apa yg Anda lakukan tidaklah sia".

Semoga penjelasan kami cukup bermanfaat

Terimakasih dan salam sehat,

Tim Flex Free

Bagikan ke teman
back top