IND | EN

Konsultasi Gratis

Bapak Mulia Renaldi ( 33 tahun )
Pangkalpinang
Selasa, 11 September 2018

Selamat pagi dokter.berkenan waktu nya bisa konsultasi. nyeri pada tumit kaki saya disebabkan rutinitas saya yg akhir2 ini sering olahraga lari.( 5K &10K ).bagaimana cara mengatasinya atau mengobati rasa nyeri pada tumit saya yg belum hilang sampai sekarang dok?terima kasih.

Jawaban :

Halo Bapak Mulia Renaldi,

Nyeri pada tumit dapat terjadi bila ada tekanan berlebihan pada jaringan (tendon, ligamen, atau plantar fascia) akibat penggunaan yang berlebihan atau cedera sehingga menyebabkan kerusakan jaringan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nyeri tumit yang dialami, diperlukan pemeriksaan secara langsung, yaitu pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, misalnya rontgen, USG, atau MRI.

Untuk pengobatannya bisa dengan terapi konservatif (non operatif) ataupun dengan operasi, bergantung pada tingkat keparahan penyakit dan respons penyakit terhadap penanganan konservatif. Perawatan konservatif misalnya dengan mengistirahatkan kaki, mengompres dengan air dingin, menggunakan obat-obat antinyeri, menggunakan sepatu dengan insole lunak, terapi ultrasound, dan latihan khusus. (Silakan baca lebih lanjut dalam artikel : Plantar Fasciitis).

Sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan dokter agar Anda mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis terdekat.

Semoga membantu

Salam sehat.

 

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com