IND | EN

Konsultasi Gratis

Bapak Ibe ( 30 tahun )
Samarinda
Rabu, 19 Desember 2018

Selamat sore dokter,

Saya sedang rajin-rajinnya latihan lari, namun saat lari selalu saja merasa sakit pada kaki. Padahal sudah pemanasan 15 menit dan dilanjut jalan santai 15 menit. Rasa sakit selalu berbeda antara kaki kanan dan kiri. kaki kiri selalu merasa sakit pada lengkungan telapak kaki sedangkan kaki kanan merasa sakit pada area betis sampai tulang kering. Rasa sakit selalu muncul di menit pertama lari dan hilang begitu istirahat. 6 kali latihan 6 kali juga merasakan sakit. Bagaimana dok, tolong dibantu agar latihan saya tidak membuat saya cedera.

Jawaban :

Halo Bapak/Ibu Ibe,

Rasa sakit pada daerah betis, sekitar tulang kering dan lengkung kaki dapat disebabkan oleh cedera atau karena peradangan. Rasa sakit pada lengkung kaki bisa disebabkan karena masalah plantar fasciitis (Klik tautan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut). Bentuk lengkung kaki yang datar atau terlalu melengkung dapat menyebabkan masalah tersebut ketika penderitanya banyak berjalan, berdiri lama atau berlari.

Pada pelari pemula yang belum menyesuaikan diri terhadap tekanan ketika berlari atau tidak melakukan pemanasan dengan sempurna dapat terjadi shin splint (Klik tautan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut). Shin splint adalah nyeri yang dirasakan di daerah 'tulang kering' sisi sebelah dalam.

Untuk mengurangi nyeri, sebaiknya Anda mengistirahatkan kaki yang sakit, bila terjadi cedera atau peradangan akut, istirahatkan selama setidaknya satu minggu. Anda dapat mengompres daerah yang sakit dengan kompres dingin. Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri (baca aturan pakai). Lakukan juga latihan peregangan dan penguatan otot betis (dapat dilihat dalam artikel plantar fasciitis). Sebaiknya gunakan sepatu yang tepat, sesuai dengan bentuk lengkung kaki Anda (normal, datar, atau terlalu melengkung) dan yang memang dikhususkan untuk berlari.

Apabila keluhan terus berlanjut, silakan konsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis terdekat di kota Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Semoga membantu,

Salam sehat

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com