IND | EN

Jumat, 29 April 2016 | Penulis : Flex Free

SPONDYLOLISTHESIS (PERGESERAN RUAS TULANG BELAKANG). Bagian I

Definisi Spondylolisthesis

Spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana satu atau beberapa ruas tulang belakang (vertebra) bergeser ke depan dari tulang di bawahnya atau di atasnya.

Gambaran Tulang Belakang yang Bergeser dari Kedudukan Semula

spondylolisthesis L4-L5    spondylolisthesis L5-S1

Umumnya pergeseran ruas tulang belakang ini terjadi di daerah tulang belakang lumbar yaitu pada tulang vertebra L4-L5 (vertebra Lumbal 4-5) dan atau L3-L4 (vertebra Lumbal 3-4). Namun pada vertebra lainpun, pergeseran ruas tulang belakang ini dapat terjadi.

Pergeseran ruas tulang belakang dapat terjadi pada dua tingkat atau bahkan tiga tingkat secara bersamaan. Tidak menutup kemungkinan, pergeseran ruas tulang belakang terjadi pada daerah leher, yang umumnya didahului adanya kelainan pada sendi facet berupa arthritis.

Gambaran Spondylolisthesis Servikal dengan Penjepitan Saraf

spondylolisthesis cervical

Penyebab Spondylolisthesis

Setiap tingkat tulang belakang terdiri dari deretan tulang-tulang (vertebra) yang dipisahkan oleh bantalan empuk dan lembut (discus intervertebra). Deretan tulang belakang distabilkan posisinya oleh sendi facet yang juga berfungsi menahan gerakan dari tulang belakang secara berlebihan. Hal ini yang memungkinkan tulang belakang menekuk ke depan (fleksi) dan belakang (ekstensi) tetapi tidak memungkinkan untuk melakukan banyak gerakan rotasi (memutar/berputar)

Akibat proses penuaan umum akan timbul keausan dan menyebabkan perubahan di tulang belakang (vertebra) dan diskus intervertebralis. Diskus kehilangan elastisitas menjadi kaku, dan mulai timbul tonjolan pada tulang vertebra, yang merupakan proses awal degenerasi. Tulang, sendi, dan ligamen di tulang belakang menjadi lemah dan kurang mampu menahan tulang belakang sejajar, sendi facet, menjadi tidak kompeten dan ketika terlalu banyak fleksi, memungkinkan ruas-ruas tulang belakang meluncur/melesak keluar dari posisi sebenarnya atau mengalami pergeseran.

Gambaran Proses Degeneratif Spondylolisthesis

degenerative spondylolisthesis

Penyebab lain pergeseran ruas tulang belakang karena adanya trauma langsung pada tulang belakang yang mengakibatkan fraktur atau akibat adanya masa tumor yang menyebabkan pendesakan pada struktur tulang vertebra, sehingga kehilangan kemampuannya dalam menjaga stabilitas dan posisi ruas-ruas tulang yang ada.

Spondylolisthesis yang Diakibatkan Spondylolysis (Fraktur pada Bagian Belakang Tulang Belakang)

spondylolysis

Gejala Spondylolisthesis

Pada beberapa orang, pergeseran ruas tulang belakang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala spondylolisthesis timbul apabila terjadi pendesakan atau penekanan pada saraf spinal.

Gejala Spondylolisthesis Disebabkan oleh Penjepitan Saraf Spinal

gejala jepitan saraf spinal pada spondylolisthesis

- Beberapa pasien mungkin mengalami sakit punggung dan kaki yang berkisar dari yang ringan hingga berat. Nyeri punggung bawah dan/atau sakit kaki adalah gejala yang paling khas untuk pergeseran ruas tulang belakang di daerah pinggang (lumbal).

- Gejala spondylolisthesis yang paling umum di kaki termasuk perasaan kelemahan yang sering dikaitkan dengan berdiri terlalu lama atau berjalan.Gejala kaki bisa disertai dengan mati rasa, kesemutan, dan/atau nyeri yang sering dipengaruhi oleh postur.

- Timbul sakit siatik, rasa sakit di salah satu atau kedua kaki, atau perasaan lelah pada kaki bagiah bawah ketika berdiri untuk jangka waktu lama atau mencoba untuk berjalan jarak berapapun

- Umumnya, pada sakit punggung, membungkuk ke depan atau duduk sering mengurangi gejala, karena dalam posisi membungkuk atau duduk, celah antar tulang belakang lebih terbuka. Dalam posisi berdiri tegak atau berjalan, celah antar tulang belakang semakin menyempit akibat tekanan, sehingga semakin meningkatkan gejala.

- Pasien kadang merasakan otot hamstring (otot-otot di belakang paha) terasa tegang

- Fleksibilitas punggung bawah kadang menurun, dan kesulitan atau nyeri pada saat ekstensi (melengkungkan punggung ke belakang).

Faktor Risiko Spondylolisthesis

Pergeseran ruas tulang belakang ini umum terjadi pada orang di atas usia 50 tahun, dan jauh lebih banyak terjadi pada orang yang berusia >65 tahun. Wanita jauh lebih sering dibandingkan pria dengan perbandingan 3:1.

 

Bersambung ke SPONDYLOLISTHESIS (PERGESERAN RUAS TULANG BELAKANG). Bagian II

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com