IND | EN

Selasa, 19 April 2016 | Penulis : Flex Free

FACET JOINT SYNDROME (SINDROM SENDI FACET). Bagian I

Salah satu penyebab nyeri punggung bawah (low back pain) sekitar lebih dari 30% kasus berasal dari kerusakan sendi facet. Kerusakan sendi facet juga sering menjadi penyebab nyeri leher. Kerusakan sendi facet merupakan penyebab nyeri punggung bawah (low back pain) dan nyeri leher yang umumnya berlangsung cukup lama dan dirasakan lebih dari 3 bulan sehingga sering dianggap sebagai nyeri punggung bawah (low back pain) kronis.

Anatomi Sendi Facet

anatomi sendi facet tulang belakang anatomi sendi facet tulang belakang 2

Beberapa fakta tentang sendi facet:

- Sendi facet merupakan sendi kecil yang berada di antara tulang-tulang belakang. Sendi facet terdapat pada sepanjang tulang belakang. Kerusakan sendi facet dapat terjadi di area leher (servikal), dada (torakal) maupun punggung dan pinggang (lumbal).

Perbedaan Bentuk Sendi Facet pada Masing-Masing Area

Bentuk sendi facet pada tiap area tulang belakang

- Sendi facet memiliki gerakan yang hampir konstan yang memungkinkan tubuh kita bergerak membungkuk ke depan dan ke belakang, termasuk ke samping kanan dan kiri. Gerakan lain berupa gerakan memutar yang ditunjukkan pada gerakan menoleh kanan dan kiri pada leher, dan pada bagian punggung dan pinggang.

Pergerakan Sendi Facet ke Depan dan ke Belakang (Posisi Tubuh Membungkuk ke Depan Dan ke Belakang)

Gambaran arah gerakan sendi facet

- Sendi facet juga berfungsi untuk membatasi gerakan yang berlebihan (memutar) dan mempertahankan posisi rangkaian tulang-tulang belakang serta mencegah tulang belakang terlalu maju atau mundur (tergelincir) dari tempatnya.

Pergerakan Sendi Facet ke Samping Kiri dan kanan

Gambaran arah gerakan sendi facet 2

- Kerusakan sendi facet telah diidentifikasi menjadi penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang sekitar 30%.

Tidak mudah untuk mengidentifikasi sumber kelainan yang menjadi penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang dan tidak setiap orang merasakan nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang yang sama dengan cara yang sama.

Namun dengan memahami karakteristik nyeri dari masing-masing kemungkinan penyebab, akan membuat diagnosa penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang mudah ditegakkan dan pengobatan tepat dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Facet Joint Syndrome (Sindrom Sendi Facet)

Penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang karena kerusakan sendi facet dapat berdiri sendiri, atau merupakan kombinasi dengan kelainan dari jaringan-jaringan yang lain dari daerah punggung bawah. Kondisi ini sering dikenal dengan istilah facet joint syndrome (sindrom sendi facet).

Penyebab facet joint syndrome dapat karena peradangan, proses degenerasi dan keausan terkait usia, infeksi dan atau cedera seperti whiplash leher dan postur yang abnormal

- Gerakan-gerakan berulang dengan beban yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi facet (sendi facet aus dan usang).

- Tulang rawan pada sendi facet dapat mengalami penipisan atau menghilang

- Kadang tumbuh tulang baru (taji tulang/osteofit/bone spur) dan pembesaran sendi.

- Gerakan normal dari sendi facet akan berubah dan timbul ketegangan otot sekitar.  

Kerusakan-kerusakan sendi facet ini menjadi penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang yang sifatnya kronis.

Beberapa kelainan Penyebab Facet Joint Syndrome (Sindrom Sendi Facet) sebagai berikut:

Bentuk-Bentuk Kelainan/Kerusakan Sendi Facet

Bentuk kerusakan sendi facet 1 Bentuk Kerusakan Sendi Facet 2

1. Osteoarthritis pada Sendi Facet

Osteoarthritis pada Sendi Facet merupakan penyebab nyeri punggung bawah (low back pain), nyeri leher dan nyeri pinggang yang paling umum. Gerakan-gerakan berulang dengan beban yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi facet maupun tulang rawan (aus dan usang). Faktor penuaan, akan semakin memperberat kerusakan sendi facet. Ketika lapisan tulang rawan sendi facet rusak atau aus, tulang-tulang dapat saling bergesekan sehingga semakin menambah kerusakan sendi facet.

Gambaran Kerusakan Sendi Facet pada Osteoarthritis

Kerusakan Sendi Facet pada Osteoarthritis Kerusakan Sendi Facet pada Osteoarthritis 2

2. Proses Degenerasi Sendi Facet

Proses degenerasi akan menyebabkan perubahan pada tulang vertebra termasuk sendi facet, baik perubahan bentuk, perubahan ruang antar sendi facet, penipisan tulang rawan sendi facet dan kadang disertai timbulnya osteofit (pembentukan tulang baru). Kerusakan sendi facet dapat berupa penipisan maupun pembesaran (hipertrofi).

Gambaran Kerusakan Sendi Facet Akibat Kelainan Degeneratif

Kerusakan Sendi Facet Akibat Kelainan Degeneratif 1 Kerusakan Sendi Facet Akibat Kelainan Degeneratif 2

3. Cedera pada Tulang Belakang dan Sendi Facet

Kecelakaan mobil (whiplash) dapat menyebabkan kerusakan sendi facet. Sendi facet dapat terlepas atau tergelincir dari posisinya (misalignment). Mengekstensikan tubuh (menengadahkan tubuh) terutama jika tindakan tersebut dilakukan berulang-ulang, juga dapat menyebabkan kerusakan sendi facet. Aktifitas-aktifitas ini sering dilakukan para olahragawan.

Kerusakan Sendi Facet Akibat Cedera

Kerusakan Sendi Facet Akibat Cedera

4. Kista Sinovial pada Sendi Facet

Dalam beberapa kasus arthritis atau spondylolisthesis, dapat timbul kista. Kista ini dapat menimbulkan tekanan berlebihan pada facet kapsul sendi atau tulang belakang, dan sering menyebabkan rasa nyeri punggung bawah (low back pain) yang dirasakan hingga kaki atau sakit untuk berjalan.

5. Infeksi pada Sendi Facet

Meskipun infeksi sendi facet jarang, namun akan menjadi suatu masalah yang serius apabila terjadi infeksi di area sendi facet.

 

Bersambung ke FACET JOINT SYNDROME (SINDROM SENDI FACET). Bagian II


 

 

 


Jika anda ingin melakukan pendaftaran & informasi tentang pelayanan diklinik kami, anda bisa klik no.WhatsApp dibawah ini. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com