IND | EN

Kamis, 17 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Golfer's Elbow; Nyeri Siku Bagian Dalam

Peradangan pada tendon di daerah siku bagian dalam dapat menimbulkan rasa kaku dan nyeri yang terkadang menjalar ke lengan bawah, yang bertambah berat ketika melakukan gerakan mengayunkan tangan, menggenggam, atau berjabat tangan. Penyakit ini disebut epikondilitis medialis (medial = sisi dalam), dan sering mengenai orang yang bermain golf sehingga disebut golfer elbow.

Golfer elbow berhubungan dengan tekanan berlebihan atau berulang pada tendon fleksor pergelangan tangan yang ada di siku.

golfer elbow

Bagaimana Cara Mendiagnosis Golfer Elbow?

Golfer elbow secara klinis didiagnosis oleh dokter. Dokter akan menanyakan riwayat cedera Anda dan akan menggunakan pemeriksaan lain untuk memastikan diagnosis golfer elbow.

Ultrasound atau MRI adalah pemeriksaan terbaik untuk mengidentifikasi setiap robekan atau inflamasi (peradangan) sendi. Rontgen hanya memiliki sedikit manfaat dan  digunakan untuk menyingkirkan penyebab lain dari nyeri pada siku (misalnya patah tulang atau perdangan pada sendi).

pemeriksaan USg pada sikua yang sakit

Bagaimana Penanganan Golfer Elbow?

Sebagai penanganan pertama, lakukan metode PRICE (protection, rest, ice, compression and elevation). Istirahat sangat penting karena golfer elbow tidak akan menyembuh bila tidak diistirahatkan. Menggunakan pergelangan tangan terus menerus dapat menyebabkan cedera menjadi kronis yang akan lebih sulit ditangani.

Terapi panas LASER dapat menambah aliran darah dan membantu penyembuhan siku sakit. Injeksi proloterapi pada siku sakit memicu proses penyembuhan tendon.

Fisioterapi dapat mencakup mobilisasi lembut pada sendi leher dan siku, elektroterapi, strapping, peregangan otot, mobilisasi neural, pemiijatan dan penguatan. Pada beberapa kondisi, penopang khusus golfer elbow dapat bermanfaat.

pengobatan siku sakit dengan terapi laser   peregangan siku sakit karena glofer elbow

Bagaimana Mencegah Terjadinya Golfer Elbow?

Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah terjadinya epikondilitis medial :
•    Perkuat otot lengan bawah, misalnya dengan mengangkat beban yang tidak terlalu berat atau latihan meremas bola tenis. 

•    Lakukan peregangan sebelum melakukan olahraga atau latihan.

•    Perbaiki teknik dalam berolahraga, terutama olahraga yang menggunakan tangan untuk memegang alat.

•    Mengangkat benda dengan cara yang benar. Jagalah agar pergelangan tangan tetap stabil untuk mengurangi tekanan yang menjalar ke siku.

•    Istirahat sangat penting, jika mulai dirasakan adanya nyeri pada bagian siku.

Informasi lebih lengkap dan detail tentang penyakit Golfer's Elbow.


Jika anda ingin melakukan pendaftaran & informasi tentang pelayanan diklinik kami, anda bisa klik no.WhatsApp dibawah ini. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com