IND | EN

Jumat, 25 September 2015 | Penulis : Flex Free Clinic

DE QUERVAIN TENDINOSIS/TENOSYNOVITIS

Definisi De Quervain Tendinosis/Tenosynovitis

De Quervain tendinosis/tenosynovitis adalah peradangan atau pembengkakan tendon ibu jari dan selubungnya, yang terletak di sisi pergelangan tangan di pangkal ibu jari tangan. Kelainan ini sering juga dikenal sebagai gamer’s thumb, Blackberry thumb.

Tendon adalah ujung-ujung otot yang berbentuk pita dan terdiri dari serat kolagen, yang melekatkan otot ke tulang. Tendon menyalurkan gaya yang dihasilkan oleh kontraksi otot ke tulang. Tendon tidak memiliki kemampuan berkontraksi seperti otot, tetapi dapat memanjang (meregang). Aktivitas berulang yang memicu timbulnya peregangan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan atau masalah pada tendon dan selubungnya.

Pada gamer’s thumb, tendon yang terlibat adalah tendon dari otot ekstensor policis brevis (EPB) dan otot abduktor policis longus (APL) yang berfungsi untuk menggerakkan ibu jari menjauhi dan mendekati telapak tangan. 

Kedua tendon berjalan berdampingan pada sisi pergelangan tangan di pangkal ibu jari tangan melewati suatu terowongan yang berfungsi sebagai  pemegang. Tendon ditutupi oleh lapisan jaringan lunak licin tipis, disebut sinovium. Lapisan ini memungkinkan tendon untuk meluncur dengan mudah melalui terowongan yang juga dilapisi dengan lapisan licin yang disebut tenosynovium. Peradangan tendon dan pembengkakan tendon dan selubung tenosynovium, disebut sebagai tenosynovitis.

De quervain tenosynovitis

Penyebab De Quervain Tendinosis/Tenosynovitis

Penyebab pasti dari De Quervain tendinosis/tenosynovitis atau gamer’s thumb tidak diketahui. Namun setiap kegiatan yang mengandalkan gerakan tangan berulang atau gerakan pergelangan tangan, seperti bekerja di kebun, bermain golf atau mengangkat raket atau menggendong bayi, barang bawaan, dll, akan menyebabkan tendon bergerak keluar masuk melewati terowongan (selubung tenosynovium) berulangkali. Peningkatan gesekan ini mungkin mengiritasi dan memicu terjadinya peradangan tendon dan pembengkakan tendon maupun lapisan tenosynovium.

penyebab de quervain tenosynovitis

Penyebab De Quervain tendinosis/tenosynovitis yang lain, meliputi:

  • Cedera langsung yang mengenai pergelangan tangan atau tendon, dapat memicu terjadinya jaringan parut dan akhirnya dapat membatasi pergerakan tendon.  
  • Penyakit arthritis inflamasi, seperti rheumatoid arthritis, dapat menyebabkan terjadinya tenosynovitis di area tersebut.
  • Orang yang berusia 30 hingga 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena De Quervain tenosynovitis dibanding kelompok usia lainnya. 
  • Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dengan perbandingan ± 8:1 dan mungkin berhubungan dengan kehamilan. Pekerjaan rumah tangga yang melibatkan penggunaan ibu jari dan pergelangan tangan, seperti saat mengangkat anak, mencuci pakaian, dll, juga dapat dikaitkan dengan kondisi tersebut.
  • Pekerjaan atau hobi yang melibatkan pergerakan tangan dan pergelangan tangan berulang-ulang juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya De Quervain tenosynovitis atau gamer's thumb

Gejala De Quervain Tendinosis/Tenosynovitis

  • Nyeri pangkal ibu jari. Merupakan gejala yang sering timbul di awal kelainan.
  • Bengkak disertai kemerahan di pangkal ibu jari dan timbul gangguan gerak ibu jari.
  • Kesulitan menggerakkan ibu jari dan pergelangan tangan ketika sedang melakukan kegiatan yang melibatkan memegang atau mencubit.
  • Terkadang terdengar bunyi ”krepitus” yang terjadi di saat kedua tendon yang meradang saling bergesekan dalam terowongan, ketika penderita melakukan gerakan yang menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan.

area sakit de quervain tenosynovitis

•    Jika kondisi berlangsung terlalu lama tanpa pengobatan, rasa sakit dapat menyebar jauh ke ibu jari, dan ke arah lengan atau keduanya dan bersifat progresif dengan keterbatasan dalam menggerakkan tangan yang terkena. Gerakan-gerakan mencubit, menggenggam dan gerakan lain dari ibu jari dan pergelangan tangan dapat memperburuk keluhan.

Diagnosis De Quervain Tendinosis/Tenosynovitis

Dokter biasanya mendiagnosis De Quervain tendinosis/tenosynovitis melalui pemeriksaan fisik dengan melihat gambaran khas dari kelainan, lokasi nyeri dan gerakan-gerakan pergelangan dan ibu jari yang memicu nyeri. Tidak ada tes khusus yang diperlukan. Masalah lain yang dapat memberikan keluhan serupa adalah sindrom persimpangan (intersection syndrome), yang merupakan kondisi yang sangat mirip.

The Finklestein tes adalah salah satu cara terbaik untuk membuat diagnosis De Quervain tendinosis/tenosynovitis.

pemeriksaan untuk de quervain tenosynovitis


Tes ini dilakukan dengan cara meletakkan ibu jari ke dalam telapak tangan dan jari-jari lainnya menutupinya, seperti pada posisi mengepalkan tangan. Kemudian lakukan gerakan pergelangan tangan menjauhi ibu jari, atau ditekuk keluar (seperti gambar) yang akan memicu gerakan tendon yang membengkak ditarik melalui ruang yang ketat dan membentang. Bila timbul nyeri saat melakukan gerakan ini, maka kemungkinan telah terjadi De Quervain tendinosis/tenosynovitis.

Penanganan De Quervain Tendinosis/Tenosynovitis

Penanganan De Quervain tendinosis/tenosynovitis dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara konservatif (non operasi) dan operasi. Penanganan De Quervain tendinosis/tenosynovitis secara konservatif umumnya dilakukan di awal keluhan. 

Beberapa cara yang dilakukan pada pengobatan De Quervain tendinosis/tenosynovitis secara konservatif yaitu:
1.    Penggunaan penyangga (brace atau tapping) yang berguna untuk mengistirahatkan pergelangan tangan dan ibu jari dari gerakan-gerakan yang dapat memperburuk iritasi dan peradangan. Alat ini dapat digunakan selama  4 hingga 6 minggu. 

 penggunaan brace untuk de quervain tenosynovitis
Penggunaan brace atau alat penyangga


 penggunaan tapping pada de quervain tenosynovitis
Penggunaan tape

2.    Kompres es dapat dilakukan pada kondisi akut dengan nyeri yang hebat. Lakukan kompres kurang dari 20 menit setiap kalinya dan dapat dilakukan 3-4 kali dalam sehari selama 3 hari.
3.    Obat-obat pereda nyeri sederhana dapat digunakan. Namun bila keluhan semakin berlanjut, biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan obat anti inflamasi generasi lanjut seperti ibuprofen, naproxen atau obat lainnya.
4.    Jika langkah-langkah sederhana gagal untuk mengontrol gejala, dokter mungkin menyarankan suntikan kortison ke dalam terowongan tendon. Kortison dapat mengurangi pembengkakan tenosynovium dan dapat meredakan gejala sementara. Suntikan kortison biasanya akan mengontrol peradangan pada tahap awal dari masalah dan harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman melakukannya.

          injekrsi untuk pengobatan dq quervain tenpsynovitis
         Injeksi kortison pada daerah tendon dan selubungnya

5.    Terapi Fisik (Fisioterapi) dan latihan fisik
Terapi ini memadukan antara latihan fisik dan terapi dengan menggunakan beberapa alat yang menggunakan metode fisika seperti alat ultrasound (menggunakan gelombang suara), laser, terapi cahaya infrared (panas) dan alat-alat lain dengan tujuan untuk mengurangi peradangan, rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan.

 terapi laser untuk penyakit de quervain tenpsynovitis
Terapi laser

Terapi fisik De Quervain tendinosis/tenosynovitis umumnya dilakukan 6 sampai 8 minggu bersamaan dengan latihan fisik yang bertujuan untuk memperkuat dan menstabilkan otot-otot dan sendi di tangan dan ibu jari. Latihan lain digunakan untuk meningkatkan kontrol motorik halus dan ketangkasan ibu jari dan pergelangan tangan.      

Dokter atau terapis juga akan mengajarkan dan membantu menemukan cara untuk melakukan tugas-tugas atau aktivitas sehari-hari dengan tidak terlalu banyak memberi tekanan pada ibu jari dan pergelangan tangan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kekambuhan dan kelainan berlanjut.

Pengobatan De Quervain tendinosis/tenosynovitis secara operasi dilakukan apabila dalam waktu 6-8 minggu tidak ada perbaikan dengan terapi konservatif atau bahkan keluhan semakin bertambah hebat.
Dokter bedah akan melakukan sayatan untuk membuka dan memberikan lebih banyak ruang untuk tendon sehingga tendon tidak saling bergesekan saat bergerak.

 tindakan operasi untuk de quervai tenosynovitis
Sayatan untuk merobek terowongan (selubung tendon) pada tindakan operasi

Operasi De Quervain tendinosis/tenosynovitis dilakukan dengan rawat jalan, pasien tidak diharuskan bermalam di rumah sakit.

Proses pemulihan dapat memakan waktu beberapa bulan. Rasa sakit dan gejala umumnya mulai membaik setelah operasi, kecuali pada area bekas sayatan, yang harus mendapatkan perawatan khusus untuk mencegah terjadinya infeksi.

Selama masa pemulihan, dokter atau terapis juga akan melatih penderita untuk mulai menggunakan dan menggerakkan tangan secara aktif dan melatih rentang gerak sendi pergelangan tangan dan ibu jari. Waktu pemulihan bervariasi, bergantung pada usia, kesehatan umum penderita, dan berapa lama gejala telah ada sebelumnya.
 

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com