Penyebab Sakit Belikat dan Cara Mengatasinya

Senin, 06 Mei 2024
dr. Vidya Hartiansyah
Senin, 06 Mei 2024
dr. Vidya Hartiansyah

Belikat adalah tulang datar berbentuk segitiga yang besar, yang berada di punggung atas kanan dan kiri, yang disokong oleh sistem otot yang kompleks. Otot-otot tersebut bekerja sama untuk menggerakkan dan merotasi sendi bahu.  

otot-otot belikat

Bila cedera, trauma, atau penyakit lainnya mengganggu kesatuan otot-otot tersebut, akan terjadi sakit belikat baik saat bergerak maupun saat istirahat.

Sakit belikat kiri atau kanan dapat disebabkan karena banyak hal. Sakit belikat berkaitan dengan cedera yang melibatkan jaringan ikat biasanya sembuh dalam beberapa hari.

Pada sebagian besar kasus, sakit belikat bukan merupakan masalah yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi pada kasus yang jarang, sakit pada belikat dapat merupakan tanda kondisi yang berat, misalnya serangan jantung atau kanker.

Belikat juga dapat terasa sakit meskipun masalah atau penyakit sebenarnya berasal dari bagian tubuh yang lain, kondisi ini disebut dengan “nyeri alih”.

Beberapa Penyebab Sakit Belikat

  1. Masalah otot

Penyebab sakit belikat kiri dan kanan yang paling sering yaitu otot-otot yang mengendalikan tulang belikat atau jaringan ikat yang menyokong tulang belikat.  

Beberapa masalah otot berkaitan dengan tulang belikat diantaranya:  

  • Otot tegang: Otot dapat teregang akibat cedera, digunakan secara berlebihan, teknik mengangkat benda berat yang salah, atau membawa tas berat di salah satu bahu. Cedera otot atau ketegangan otot juga bisa terjadi saat tidur dengan posisi yang salah.

Gerakan lengan berulang-ulang, misalnya pada olahraga yang menggunakan raket, olahraga melempar, atau berenang, juga dapat menyebabkan regangan otot yang pada akhirnya menimbulkan sakit belikat.

  • Stress: Ketika kita stress, otot bahu dan punggung dapat mengencang dan mengalami spasme (kejang), sehingga timbul nyeri di tulang belikat, bahu, leher atau punggung.
  • Robekan rotator cuff: Robekan tendon yang menghubungkan otot ke tulang di sekitar sendi bahu.
  • Sindroma nyeri myofascial: Penyakit nyeri kronis yang mengenai jaringan ikat yang membungkus otot (fascia) di berbagai lokasi di tubuh.
  • Fibromyalgia: Merupakan suatu kondisi yang menyebabkan nyeri di berbagai bagian spesifik tubuh (disebut dengan titik nyeri), termasuk belikat.
  1. Postur tubuh yang buruk

Duduk lama dengan postur buruk dapat menyebabkan tulang belakang mengalami perubahan struktur yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri di belikat.

Membungkuk, memiringkan kepala ke samping, duduk miring ke satu sisi, dapat menyebabkan otot melemah dan menekan diskus tulang belakang, otot, dan ligamen.

  1. Herniasi diskus servikal (leher)

Herniasi diskus di tulang leher terjadi ketika lapisan luar diskus (annulus fibrosus) robek dan bagian dalamnya (nucleus pulposus) menonjol ke luar.

Diskus herniasi dapat menyebabkan nyeri dan dapat membuat akar saraf di dekatnya meradang sehingga nyeri menjalar ke bahu, lengan, dan/atau tangan.

Herniasi diskus di tulang leher bagian bawah dapat menjalarkan nyeri ke bahu atau area sekitar tulang belikat.

  1. Dislokasi tulang iga

Tulang iga dapat keluar dari posisinya setelah regangan berulang atau ketika kita melakukan gerakan mengambil benda yang tinggi (di atas kepala). Sakit di dekat tulang belikat dapat muncul akibat gerakan tersebut, dan terkadang membuat bernapas dalam menjadi sulit. Kondisi ini jarang terjadi.

  1. Masalah jantung

Beberapa kondisi jantung dapat memiliki gejala sakit di area bilah bahu. Serangan jantung dapat dirasakan sebagai nyeri di punggung atas dan/atau bahu, terutama pada wanita.

Masalah jantung lainnya yang memiliki gejala sakit di area bilah bahu misalnya diseksi aorta (robekan pembuluh darah aorta), dan pericarditis (peradangan lapisan dalam jantung).

Bila Anda mengalami nyeri bilah bahu disertai dengan nyeri dada berat atau dada terasa tertekan yang menetap dan tidak berkurang, segera periksakan diri ke rumah sakit, karena bisa saja Anda mengalami serangan jantung.

  1. Masalah tulang dan sendi  

Berbagai masalah tulang dan sendi juga dapat menyebabkan sakit pada belikat, misalnya:

  • Osteoporosis
  • Osteoarthritis (radang sendi). Osteoarthritis dapat terjadi di bagian tubuh lainnya tetapi nyeri menjalar hingga ke belikat.
  • Stenosis spinal. Di mana terjadi penyempitan ruang di antara tulang belakang sehingga saraf terjepit dan terjadi nyeri alih ke bagian tubuh lain, termasuk ke belikat.
  • Penyakit diskus degeneratif. Diskus tulang belakang mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri alih di leher dan bahu.
  • Patah tulang belikat. Hal ini jarang terjadi, biasanya terjadi akibat terjatuh atau akibat kecelakaan kendaraan.
  1. Masalah pada paru-paru

Sakit belikat kiri atau kanan juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada paru, rongga dada, atau dinding dada, misalnya emboli paru, pneumothoraks, tumor Pancoast.

  1. Masalah pada perut dan panggul  

Anda mungkin tidak mengira bahwa masalah pada perut dan panggul juga dapat menyebabkan sakit belikat.

Hal ini dapat terjadi karena otot yang memisahkan bagian thoraks dengan rongga perut (diafragma) memiliki jaringan saraf yang dapat meradang dan teriritasi akibat kondisi seperti:

  • batu empedu
  • penyakit ulkus peptikum
  • refluks asam lambung
  • penyakit liver (termasuk hepatitis dan sirosis)
  • radang pankreas (pankreatitis)

Batu empedu, ulkus peptik, refluks asam lambung dan penyakit liver biasanya menyebabkan sakit bahu kanan, sedangkan pankreatitis biasanya menyebabkan sakit bahu kiri.

  1. Kanker

Tumor ganas di dada atau perut atas dapat menyebabkan sakit belikat. Misalnya limfoma, kanker paru, mesothelioma, kanker esofagus, kanker lambung, kanker liver, dan kanker pankreas.  

Metastasis tulang juga dapat mengenai tulang bilah bahu.

Diagnosis Sakit Belikat

Untuk mengetahui penyebab sakit belikat, dokter biasanya memulai dengan meninjau gejala yang Anda alami, riwayat penyakit, dan riwayat keluarga, dan juga melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh pada punggung, leher, dan bahu. Pemeriksaan fisik sangat penting untuk menentukan penyebab sakit belikat.

Apabila dicurigai adanya penyebab lain atau penyakit lainnya, mungkin akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti:

  1. Pemeriksaan laboratorium; pemeriksaan darah (hitung jenis), laju endap darah, C-reactive protein, fungsi liver.
  2. Pemeriksaan pencitraan; rontgen, CT scan, MRI, atau PET scan.
  3. Pemeriksaan jantung; EKG, pemeriksaan stress jantung.

Cara Mengatasi Sakit Belikat

Penanganan di Rumah

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit belikat di rumah misalnya:

Peregangan

Peregangan tidak hanya meredakan nyeri tetapi juga memperbaiki sirkulasi darah di otot bahu dan membantu pergerakan lebih baik.

Gerakan yang dapat Anda lakukan misalnya:

latihan peregangan untuk sakit belikat

  • menyilangkan satu lengan di depan badan
  • merentangkan lengan ke depan dada dan menarik siku dengan tangan sisi lainnya
  • menahan regangan selama 10–15 menit

Kompres Hangat atau Dingin

Sakit belikat dapat diredakan dengan mengompres hangat atau dingin di antara bilah bahu selama 15 menit setiap 4–5 jam.

Diet

Mengkonsumsi banyak buah dan sayur dan menghindari makanan yang diproses dapat membantu mengurangi peradangan. Makanan yang tinggi omega 3, misalnya salmon dan tuna, dapat menjadi pilihan yang baik.

Obat-obatan  

Untuk membantu mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman, Anda dapat mengkonsumsi obat anti radang non-steroid, misalnya ibuprofen (baca aturan pakai dan kontraindikasi obat).

Akan tetapi obat tersebut tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang.

Terapi Pijat 

Pemijatan di area antara kedua bilah bahu dapat merelaksasi otot dan meredakan nyeri.

Penanganan oleh Dokter

Prolotherapy

Prolotherapy adalah terapi regeneratif yang dilakukan dengan menyuntikkan cairan yang dapat memproduksi sel-sel kolagen yang akan digunakan tubuh untuk memperbaiki struktur di belikat.

Penelitian menunjukkan bahwa prolotherapy terbukti memiliki efek meredakan nyeri, anti radang, dan efek regeneratif.

Karena prolotherapy membantu mengatasi penyebab sakit belikat, terapi ini dianggap dapat memperbaiki masalah pada belikat secara permanen, dan mencegah gejala muncul kembali.

Di klinik Flex Free, tersedia terapi prolotherapy. Biaya tindakan prolotherapy di klinik Flex Free bergantung pada tingkat kesulitan dan jumlah sendi yang disuntik.

Biaya mulai Rp. 550.000,- * (biaya suntik sendi besar).

Pembedahan

Bila sakit belikat disebabkan karena cedera yang tidak merespons terapi konservatif, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan pembedahan.

 

 

Referensi:

  • orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/scapular-shoulder-blade-disorders
  • prohealthclinic.co.uk/blog/scapula-pain/
  • www.spine-health.com/blog/7-possible-causes-pain-under-your-shoulder-blade

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561